Halaman

Minggu, 03 Juni 2012

Motherboard Mungil untuk Komputer Android

Membeli komputer dengan harga sangat murah ternyata bukanlah harapan kosong belaka. Seberapa murah? Motherboard VIA APC 8750 yang berbasis Android rencananya akan dijual di kisaran harga $49 atau sekitar Rp 460 ribu (belum termasuk case, power supply, dan monitor). 

Berbeda dari vendor lain yang menciptakan komputer Android seukuran genggaman tangan, VIA membuatnya dari motherboard Mini-ITX terbagi dua yang disebut Neo-ITX. 

Berbeda dengan motherboard kebanyakan, perangkat buatan Taiwan ini sudah memuat prosesor, memori, dan sejumlah port untuk menghubungkannya ke berbagai perangkat lain.

Sama seperti AMOS-3002, VIA menyematkan prosesor khusus buatan sendiri. Kali ini giliran prosesor Wondermedia dengan kecepatan 800Mhz yang dipilih VIA untuk menjadi motor penggeraknya. Prosesor berbasis ARM 11 tersebut juga didukung dengan memori DDR3 sebesar 512MB dan memori flash sebesar 2GB. Spesifikasi tersebut memang tidak “wah”, tapi setidaknya cukup kuat untuk menjalankan berbagai aplikasi Android dan keperluan multimedia mendasar.

Untuk beroperasi, APC 8750 ini ditenagai dengan sebuah 12V adapter eksternal atau melalui konektor internal 4-pin 12V yang terdapat di dalamnya. Hebatnya, komputer ini memiliki konsumsi daya sekitar 13,5W saja — atau hanya sekitar 10 persen konsumsi daya PC rata-rata. Di segi konektivitas, komputer mungil ini tergolong lengkap dengan sebuah port VGA D-sub, HDMI, empat port USB 2.0, Ethernet, sepasang audio jack dan sebuah slot microSD untuk penyimpanan.

Sayangnya, sistem 8750 ini tidak mendukung resolusi lebih dari 720p, sehingga pengguna tidak dapat menikmati konten video 1080p. Setidaknya semua video dari YouTube dan layanan video lain masih bisa dinikmati dengan baik. Kami juga masih belum mendapat kabar mengenai versi Android mana yang digunakan di dalamnya. 

Tetapi VIA sempat menyebutkan bahwa mereka menyematkan sistem operasi Android yang mereka modifikasi sendiri. 

Saat ini, VIA APC 8750 masih dalam tahap pengembangan dan direncanakan untuk keluar awal Juli nanti. Untuk Indonesia, masih belum ada kabar kapan akan dipasarkan. Tertarik?


http://id.berita.yahoo.com/blogs/jagat-pintar/motherboard-mungil-untuk-komputer-android.html

Tidak ada komentar: