Halaman

Sabtu, 02 Juni 2012

Mencari Traffic Dari Facebook


Siapa yang tidak tahu Facebook hari ini? Facebook dengan cepat menarik hati banyak pengguna internet hari ini. Bahkan dari analisa saya menurut Alexa Rank-nya sudah mengalahkan Friendster yang terlebih dulu lahir. Setengah tahun yang lalu saya mencoba mendaftar sebagai salah satu ‘nasabah’nya karena ajakan dari seorang teman. Akhirnya setelah daftar selama 4 bulan akun Facebook itu saya biarkan dan lupakan tanpa menyadari bahwa sebenarnya Facebook bisa menjadi ladang traffic buat blog-blog saya.
Berawal dari keisengan saya menambahkan widget dari AddThis yang memasukan Facebook di dalamnya, saya mencoba untuk mem-bookmark halaman blog saya sendiri ke akun Facebook saya. Sebagai catatan karena malas cari teman, ‘teman’ saya di Facebook hanyalah sekitar 17 orang, sangat sedikit…

Di Facebook ini, tautan saya di letakan di sebelah kiri dan juga di daftar kegiatan saya. Ini sangat menguntungkan karena tautan (apakah benar terjemahan link itu adalah tautan? karena itu yang sering saya lihat)  itu akan di baca oleh teman-teman kita.

Dan lagi kalau ada teman kita yagn senang dengan ama artikel di blog kita, dia akan membantu untuk mentautkan artikel blog ke Facebook. Memang sih, kunci-nya tetap membuat artikel kita menarik bagi teman-teman kita.

Hasilnya? Dengan 17 orang teman saja, saya bisa mendapat 5-6 UV per hari dan 10-15 pageviews. Lumayan kan? Ya paling tidak itu lumayan buat ukuran blog saya yang hanya mendapat 250UV dan 700 pageviews per hari ini (tapi moga-moga sih terus meningkat hehehe). 

Tidak ada komentar: